Jumat, 07 Desember 2007

# mpasi story 2

alhamdulilah 3 minggu ini mbak za sudah mulai mpasi.alhamdulilah juga ga begitu banyak hambatan, kayanya bakat doyan makan dari ibunya mendarah daging, so suapan pertama langsung dilahap tanpa perlawanan. Jadi ga ada acara rayu - rayuan supaya mbak za mau mamam.


sesuai jadwal,minggu pertama mbak za hanya makan bubur susu berbahan dasar keluarga serealia yaitu beras putih, beras merah dan kacang hijau.
untuk BAB *maaf 3 hari pertama normal 1 kali sehari, tapi hari ke 4 mbak za ga BAB *maaf sampe 4 harikhawatir juga sih takutnya sembelit, sempet curhat ke milis AFB soal telat BAB*maaf , alhamdulilah banyak para moms yang ngasih masukan..supaya makanannya lebih dilembekin, ada juga yang bilang jadwal mamamnya harus dirubah, seharusnya untuk minggu pertama 1 kali mpasi aja, tapi aku keburu nafsu ngasih 2 kali mpasi so pencernaan mbak za kaget makanya BABnya ga lancar.


Setelah hari ke 8 BAB lancar, aku mulai bandel lagi aku ga ngikutin saran dari moms di milis * maaf ya all moms.., aku tetep ngasih mamam 2 kali sehari, dengan asumsi mbak za ga begitu kuat nyusunya, so sapa tau dengan banyak mamam akan memenuhi asupan gizinya. Alhamdulilah sampe sekarang BABnya lancar 1 - 2 kali sehari, jadwalnya pun sudah seperti orang dewasa yaitu pas bangun tidur pasti BAB.

Memasuki minggu ke 3 aku dach mulai kenalin mbak za ma sayuran kay wortel, labu parang ( kabocha ) dan buncis. Aku masak pake kaldu biar sedikit ada rasanya. Untuk wortel ma buncis ga ada masalah mbak za doyan banget.Tapi untuk kabochanya mbak za mau tapi cuma 2 sendok abis itu pasang aksi tutup mulut....
em kenapa ya? padahal kan enak manis?Apa mbak za ga doyan manis ya?

saking penasaran aku nekad nyobain buah padahal kan planningku 7 bulan baru kenalin buah cos kata moms yang lebih berpengalaman dari aku setelah baby kenal rasanya buah dia ga mau lagi mamam sayur....jadi sebaiknya dikenalin sayur dulu barang 2 mingguan baru kenalin buah...tapi mo gimana lagi namanya juga penasaran. Kebetulan rabu kemarin ada temen yang ngajakin ke Citos, katanya klo Rabu kan ada lady's day so banyak barang - barang cewek yang asyik gitu...so aku sih ikut - ikut aja...why not, shoping gi tu looo....heee biasa ibu - ibunah di Citos kan ada FoodMart-nya matahari so aku nyoba beli jeruk baby pacitan ma pisang sunprise plus kabocha.

Sore nyampe rumah abis mamam sedikit kabocha *cos ga begitu suka ...aku kasih jeruk, maksudku sih buat pencuci mulut...tegukan pertama dach kay ga suka gitu, eh tetep aja aku kasih, alhasil tegukan kedua langsung muntah semua makanannya...hiks..hiks nyesel bgt, dach tau little cintaku ga suka manis, kok aku paksain sih...maafin mama ya little cinta...:(

Besoknya aku coba kasih pisang ....klo aku olesin di bibir dijilatin sih like klo kita mamam es krim gitchu tapi klo mamam ga mau,
ok....ga salah lagi, mbak za ga doyan mamam manis.
Untuk sementara sih aku kasih bubur beras ma sayur, tapi kedepannya klo tetep ga doyan buah gimana ya?
kan buah banyak vitaminnya. emm ada yang punya ide...?
ini pr berat buat ku, .....gmn caranya biar mbak za mo mamam buah.doain prku dapet seratus ya....amin

dibawah adalah beberapa yang dapat aku simpulkan dari pengalaman pertama mbak za mpasi plus diamini dari pengalaman para moms di milis,

1. Diawal mpasi baby biasanya mengalami susah BAB, so kita musti pinter - pinter bikin jadwal, dan berikan makanan seencer mungkin ( menyerupai susu ) dengan 1 jenis saja.

2. Diawal mpasi biasanya pada malam hari ( skitar jam 1 - 3 )anak sering rewel, hal ini biasa karena lambungnya sedang bekerja , biasanya setelah BAB baby ga akan rewel lagi. Klo pada mbak za hal ini hanya terjadi di minggu pertama saja selanjutnya bobonya nyenyak kok, paling bangun minta empeng diempengin bobo lagi dech.So buat para new mom atau yang mau jadi new mom dinikmati aja begadangnya, cuma beberapa hari kok. namanya juga lambungnya lagi adaptasi.

biarpun aku working mom, aku dach tekad semua yang dimakan ma mbak za harus masakanku sendiri, biar aku bisa control apa aja yang masuk ke tubuh mbak za. Alhamdulilah papo support bgt keinginanku, setiap pagi sebelum berangkat aku buat mpasi dulu, klo yang agak lama prosesnya seperti buat kaldu or sop aku biasanya buat malam pulang kantor trs difreezer klo mo dimamam tinggal diangetin dech.Kalaupun bener - bener kepefet ga ada waktu cos kesiangan ngantor or apa aku siapin bahannya nanti ibu mertua tersayang yang masakin.
so yang mau tau resep mpasi buatan...bisa klik disini ......
mpasi chef wannabe

Tidak ada komentar: