Selasa, 27 November 2007

# bubur susu kacang hijau

* resep 6 bulan - minggu pertama

Setelah 3 hari berturut - turut dan ga ada masalah dengan BAB or muncul alergi atau sejenisnya, so aku beralih ke bubur susu kacang hijau.Cara membuatnya hampir sama dengan bubur susu beras merah/putih hanya saja memasaknya agak lebih lama sebab kacang hijau teksturnya lebih keras daripada beras.Agar tidak cepat gosong, dimasak dengan api kecil

bahan bubur :
1. 1 sendok makan tepung kacang hijau2. 150 ml air


cara buat :
1. larutkan tepung dengan air secukupnya
2. sisa air direbus, setelah mendidih masukan larutan tepung kacang hijau
3. aduk merata sampai matang (apabila tidak diaduk tepung akan mengumpal dan dalamnya tidak matang )


cara penyajian :
1. siapkan ASI / PASI kurang lebih 100 ml.

2. campurkan bubur dengan ASI sesuai kemampuan baby untuk menelan dan kemampuan lambung untuk mengolah makanansebaiknya permata diberi seencer susu, selanjutnya kekentalannya bisa disesuaikan

catatan :
1. 1 sendok makan tepung apabila dimasak akan menghasilkan 3 sendok makan bubur

2. porsi penyajian disesuaikan dengan kemampuan bayi, semakin hari bisa semakin banyak. Jadi takaran memasaknya disesuaikan saja dengan kebutuhan.

3. diberikan dengan susu agar tidak memberikan rasa yang mencolok. sebab selama 6 bulan ini kan baby hanya mengonsumsi susu saja. Step by step susu bisa diganti dengan soup atau air biasa.

4. apabila mpasi dengan serelia saja tidak menimbulkan alergi maka bisa dilanjutkan dengan pemberian sayur dan buah, baik dengan dicampur serealia atau sayur dan buah saja.

Tidak ada komentar: