Selasa, 20 November 2007

# mpasi story 1

Haiiii all...
kemarin papo sempet protes, status di gtalk kolongrumahza terus tp blogsnya ga pernah update, piye to mamo iki, cerita kek soal MP-ASI, mamo kan lagi semangat - semangatnya...
sabar po!
tau sendirikan mamo lagi sibuk pool...project lagi dikejar - kejar deadline, klo mamo pulang kantor mbak za langsung lengket kayak perangko sampe besok paginya, so harap maklum ga ada waktu buat ngeblog...hehehehe


Minggu, 17 November 2007 akhirnya waktu yang kutunggu - tunggu datang juga.Untuk pertama kalinya Mbak za memasuki dunia sejuta rasa. Setelah 6 bulan lamanya mbak Za hanya minum susu susu dan susu, hanya bisa mlonggo klo liat mamo sama papo plus utinya maem. Akhirnya kemarin mbak za mulai MPASI.horeee.

Bukan perjuangan yang gampang untuk memberikan MPASI di usia 6 bulan, banyak sekali desakan untuk memberikan MPASI diusia 4 bulan terutama dari uti - utinya bahkan dari dsa. mbak za juga menyarankan untuk MPASI 4 bulan.Para uti - uti sudah berpengalaman soal mengurus anak, mereka menggagap anak mereka dari kecil ( blm 6 bln ) dach makan nasi aja buktinya sehat - sehat aja sampe sekarang. Kasihan anak sebesar itu belum makan...begitulah kata - kata yang sering dilontarkan. Hemm harap maklum sih karena baru 2 tahun ini WHO mengubah waktu pemberian MPASI dari 4 bln menjadi 6 bulan jadi ibu - ibu itu taunya 4 bulan. Menurutku alasannya masuk akal (mau tau alasannya googling aja ...banyak kok ) makanya aku kekeh memberikan MPASI setelah 6 bulan meskipun harus menghadapi berbagai spekulasi dari kalayak ramai...hehehe....ini ga lepas dari dukungan papo, yang dengan sabar menerangkan pada uti alasan kami memberikan MPASI 6 bulan.
Makasih po :)

Demi menyambut MPASI selama beberapa bulan ini aku rajin search soal ilmu MPASI, mulai dari menu, jadwal makan, cara buat tepung, cara yang baik memberikan makan sampai freezing prepared foods alias membekukan makanan biar bisa sekali masak untuk beberapa kali MPASI. Aku dach tekad untuk kasih MPASI homemade untuk mbak Za. Untuk ASIX aku dach gagal terpaksa sekarang mbak Za mix ASI plus SuFor, so untuk MPASI homemade akan aku perjuangkan sekuat tenaga...

Hidup ASIX...Hidup MPASI Homemade..
hehe itulah slogan yang slalu dikumandangkan AIMI, meski aku gagal dengan ASIX tapi aku sangat mendukung program itu...so skali lagi

...Hidup ASIX...Hidup MPASI Homemade..

Menurut ilmu yang aku dapat dari buku, googling maupun milis - milis. MPASI yang pertama sebaiknya jenis makan dari keluarga serealia seperti beras merah, beras putih dan havermuth( tp khusus havermuth untuk 7 bln ke atas) karena sangat jarang menimbulkan alergi. Dan memberikan 1 jenis makanan dalam 2 - 4 hari berturut - turut agar mempermudah deteksi terhadap alergi suatu jenis makanan serta masa pengenalan terhadap tektur makanan. Berpedoman pada hal tersebut aku ga bingung menentukan jadwal dan menu apa buat mbak za di minggu pertama MPASInya. Aku cukup menyiapkan tepung beras putih, tepung beras merah dan tepung kacang hijau saja untuk seminggu ini. Tepung beras putih dan merah aku delivery order di GASOL, untuk tepung kacang hijaunya aku buat sendiri. Dan perlu diingat makanan MPASI sebaikknya suger free and salt free sampai usia 1 tahun. Penggunaan garam hanya akan memperberat kerja ginjal, sedangkan gula bisa merusak gigi dan dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Lagian bayi belum mengenal rasa asin atau manis jadi hal ini tidak akan terlalu menjadi masalah. Apabila ingin memberikan sedikit rasa gurih bisa menambahkan kaldu, sedikit bawah merah atau bawang putih.

Inilah jadwal MPASI buat mbak Za diminggu petamanya

17 Nov 2007
* ASI / PASI .... bangun tidur ( jam 5 - 6 )
* ASI / PASI .... abis mandi ( jam 8 - 9 )
* MPASI ( bubur susu beras putih ) ....jam 12
* ASI / PASI .... jam 15.00* ASI / PASI .... jam 18.00
* ASI ..... sampai dia bobo( untuk hari pertama aku berikan satu kali sehari dulu biar ga kaget )

18 - 19 Nov 2007
* ASI / PASI .... bangun tidur ( jam 5 - 6 )
* MPASI ( bubur susu beras putih ) ....jam 9

* ASI / PASI .... jam 12
* MPASI ( bubur susu beras putih ) ....jam 15.00* ASI / PASI .... jam 18.00
* ASI ..... sampai dia bobo

20 - 22 Nov 2007
* ASI / PASI .... bangun tidur ( jam 5 - 6 )
* MPASI ( bubur susu kacang hijau ) ....jam 9
* ASI / PASI .... jam 12
* MPASI ( bubur susu kacang hijau ) ....jam 15.00
* ASI / PASI .... jam 18.00
* ASI ..... sampai dia bobo

23 - 25 Nov 2007
* ASI / PASI .... bangun tidur ( jam 5 - 6 )
* MPASI ( bubur susu beras merah ) ....jam 9
* ASI / PASI .... jam 12
* MPASI ( bubur susu beras merah ) ....jam 15.00
* ASI / PASI .... jam 18.00
* ASI ..... sampai dia bobo
( setiap jenis makan aku berikan 3 hari saja, takutnya klo 4 hari mbak za bosen )

Kemarin papo yang memberikan suapan pertama, suapan pertama mbak Za langsung mau...mesti belum begitu bisa nelen, karena agak kentel kali ya tapi dia semangat banget makannya.Minumnya juga mulai aku ajarin mimi pake gelas, aku latih pakai gelas sloki medela beli di ITC kuningan nitip tante galih alias si Nyi Ratoe.
3 kali makan dari pertama sampai ke ketiga porsinya semakin nambah...waah senengnya.Sebenarnya untuk MPASI pertama harus dibuat seencer susu biar ga sembelit.
Nah menurut sharing temen - temen milis klo dibuat encer sama sikecil disembur. Oleh sebab itu aku nekat buat buburnya agak kentel biar ga disembur...eh mbak za beneran suka, dan aku lihat BABnya masih lancar - lancar aja kemarin. So langsung aku kentelin dech...:)

Untuk Usia 6 bulan ini makanan yang boleh diberikan ke mbak za
serealia : beras merah, beras putih
sayur : labu parang, ubi jalar, kentang, kacang hijau, labu, zucchini
buah : apel, pir, alpukat, pisang, jeruk baby, pepaya
so biar mbak ca ga bosen aku musti pinter - minter mix bahan - bahan tersebut ...minggu depan menunya apa ya..??



7 komentar:

papaeza mengatakan...

Hidup ASIX...Hidup MPASI Homemade.. Hidup MAMO... :)

mamaeza mengatakan...

# papaeza
hidup papo ....:)

shelila mengatakan...

xixixixi... aq gak ngerti nok opo sing mbok omongno, sumpee deee....

mamaeza mengatakan...

#shelila

sak wijineng dino, kau akan memahaminya anak muda,kleklekle...

anina mengatakan...

belajar sek ah,..
taun ngarep pasti aku yo repot koyok awakmu lek dadi sapi perah karo nggawe mpasi..
ghihihihi
dungakno lancar,,,

mamaeza mengatakan...

#anina

amin lek mugo2 lancar,
ayo lek anak orang ya minum susu orang, susu sapi ya diminum anak sapi
memberi anak kita makanan instan setiap hari semahal apapun sama juga memberikan mie instan pada anak kita setiap hari, walaupun tercantum AA + DHA ttp ae akeh pengawete..
so, hidup ASIX..hidup MPASI homemade, hidup nina

*halah malak kampanye maneh aku :)

sisi na sanva mengatakan...

yah..mba setuju bgt..hdp homemade..anak ku br 6 bln jl 3minggu,aku bkin mpasi rumahan liat web dr wholesomebabyfood.com..tp ga ada salahnya aku pen berbagi gini jg ke ibu2 lainnya,cos sejauh ini aku udh bkin jdwal dr6-7bln.. cb tar mampir blog aku ya mba..tp blm aku bt siy,bntar lg lah.. sitharesmiayu.blogspot.com or FB ku.. sisicuantique@gmail.com..tengkyu mba..nice 2 know u..