Selasa, 22 Januari 2008

# pitonan

19 january 2008 menurut kalender jawa mba za memasuki usia 7 bulan karena dihitung dari 7 kali neptu lahir mba za yaitu sabtu legi.
Klo menurut hitungan masehi pada tanggal 19 january 2008 usia mba za genap 8 bulan.

Aku ga ngeh soal kalender jawa, tapi yg pasti semua ibuku(utinya mba za) yang ngatur, kapan waktu slametan selapan kapan pitonan dan slametan yang lain - lain dari mulai mba za masih dalam kandungan semua uti yang ngatur. Di kampung halamanku di sebuah desa kecil di kota Tulungagung Jawa Timur adat istiadat seperti itu masih kuat melekat dimasyarakat termasuk di keluargaku. Aku sih tinggal terima jadi, mba za -nya di jakarta selametannya di Tulungagung, ntar paling selesai kenduri utinya telepon ngabari klo mba za udach dislametin begitulah biasanya.

Klo di desaku acara pitonan itu pasti meriah banget, ngundang anak kecil sedesa terus babynya dimandiin kembang tujuh rupa, naik tangga dari tebu yang dihias, dikurungin jadi satu sama ayam, berjalan di piring - piring yang diisi jenang abang dan masih banyak ritual - ritual yang lain. Seru dech pokoknya...
Rencananya kemarin aku pingin mudik pas pitonannya mba za biar mba za ngrasain dipitoni tapi karena sesuatu hal akhirnya batal dech...
Walaupun uti di Tulungagung tetep bikin acara pitonan tapi aku juga pingin buat acara pitonan buat mba za dengan cara bikin nasi kuning dan aku bagiin ke tetangga. Aku orangnya jarang banget masuk dapur, tapi kali ini aku nekat masak sendiri lauk - lauknya dan nasi kuning-nya aku serahin ke ibu mertua( bagi - bagi tugas gitu ). Walaupun masaknya dengan bawa - bawa print - printnan resep alhamdulilah hasilnya tidak mengecewakan dan pantas untuk dikonsumsi public
Ni nih isi nasi kuningnya, aku dapet dari tabloid nova :
1. nasi kuning ( pake resep ibu mertua )
2.
ayam bakar pedas
3.
sambal goreng ati ampela
4.
ayam cah sayur
5. kering tempe kentang ( pake resep ibu mertua )

Untuk kuenya aku dach ga sanggup klo harus buat sendiri, jadi aku pesen brownis hitam putih ke bu dani dan risoles solo ke mba natali..

nb:
biar yang dapet nasi kuning ga bingung, diatas kardusnya aku tempelin gambar mba besertya keterangan tujuh bulanan ( kay yg aku publish diatas )....

2 komentar:

semuasayanganna mengatakan...

aduuh,... baca tulisan ayam goreng langsung pengen.. cleguuk,,

mamaeza mengatakan...

*an
loh ayam gorengnya langsung ditelen sak tulang - tulange ya, kok cegluk - cegluk